Hong KongKulinerKuliner Khas

Sudah Tahu 8 Makanan Khas Hong Kong? Lihat Di Sini!

Hong Kong adalah pivot dari berbagai hal menyenangkan. Makanan, fashion, hiburan, budaya, perdagangan, arsitektur, hampir semua dimiliki oleh Hong Kong. Tapi yang pasti, Hong Kong merupakan rumah bagi masakan Cina terbaik, yang secara teknis, tersebar di seluruh dunia. Mau tahu ada apa saja?

1. Beef Brisket Noodles

Sumber: angsarap.net

Semangkuk Beef Brisket noodles ini tidak boleh dilewatkan saat melakukan liburan ke Hong Kong. Semangkuk mi kenyal dengan irisan daging sapi di atasnya, kemudian disiram kuah kaldu yang gurih, menggoda banget untuk dicoba deh! Makanan ini sangat cocok dimakan di segala cuaca tetapi lebih nikmat disantap saat musim dingin di bulan Desember.

2. Dim Sum

Sumber: notey.com

Kamu belum pernah mencicipi Dim Sum di Hong Kong? Harus coba. Disajikan di keranjang bambu kecil yang dikukus, masakan khas kanton ini menawarkan berbagai varian menu seperti shrimp dumplings (har gao), steamed pork buns (cha siu bao), pork dumplings (siew mai), rice noodle rolls (chee cheong fun), pan-fried radish cake (law bok gow) dan masih banyak lagi.

3. Egg Tarts

Sumber: eatwhattonight.com

Egg tarts merupakan hidangan ikonik dari Hong Kong; egg tarts memiliki kulit luar yang renyah, isian mentega lembut dan meleleh di dalam mulut. Saking ikonik-nya, Hong Kong memiliki 7 toko yang khusus menjual egg tarts, dan masing-masing kota menawarkan cita rasa yang berbeda-beda. Pastikan kamu mencicipi semuanya ya!

4. Hong Kong Milk Tea

Sumber: goldenmoontea.com

Bagi semua penyuka bubble tea, Hong Kong milk tea harus masuk dalam daftar list kamu saat melakukan liburan ke Hong Kong. Terbuat dari black tea serta campuran susu, Hong Kong milk tea ini sangat digemari oleh masyarakat Hong Kong hingga terjual sampai 9 juta gelas per tahunnya lho. Terdengar biasa sih, tapi setidaknya kamu harus mencobanya sekali untuk membandingkan dengan yang sudah ada di pasaran Indonesia, ya kan?

5. Pineapple Bun

Sumber: sweats.seriouseats.com

Pineapple bun (Bo Lo Bun) merupakan makanan ringan manis yang sangat populer di Hong Kong. Sesuai namanya, pineapple bun dilapisi nanas di bagian dalamnya dan di bentuk sedemikian rupa hingga menyerupai nanas. Coba tambahkan potongan butter di dalam bun deh, itu rekomendasi dari para pecinta pineapple bun, pastinya jadi lebih nikmat menyantapnya.

6. Curry Fishballs

Sumber: ladyandpups.com

Meskipun cuma baso ikan yang disajikan dengan kuah kari tetapi kamu tidak boleh meremehkan ketenarannya. Dianggap sebagai makanan ringan yang sangat digemari, curry fishballs ini dapat kamu temukan dengan mudah pada pedagang kaki lima di Hong Kong yang menjual makanan ringan. Rasanya yang agak pedas dapat memberikan tendangan nikmat bagi para pecinta pedas!

7. Eggettes

Sumber: thegreenhead.com

Snack egg waffle ini memiliki tekstur agak renyah pada pinggirannya dan kenyal saat digigit. Makanan kaki lima yang populer ini memiliki berbagai varian isian yang lezat, mulai dari rasa coklat,keju, buah-buahan, banyak banget deh! Kamu bisa bingung sendiri menentukan isian egg wafflenya. Tapi disarankan sih kamu coba rasa original agar dapat merasakan manisnya egg waffle seutuhnya.

8. Hong Kong-Style Macaroni

Sumber: tastecooking.com

Jika negara Barat memiliki menu mac and cheese, Asia punya sup makaroni. Yang membuatnya berbeda dari negara-negara lainnya, Hong Kong memiliki gaya penyajian berbeda pada menu makaroninya, yaitu mereka mencampurkan daging ham dan telur ke dalam kuahnya. Nah, jika kamu mencari menu sarapan yang cepat dan simple kamu dapat mencoba hidangan satu ini.